BERITA PUTR MALRA

Pemda Maluku Tenggara Gelar Forum Perangkat Daerah Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) menggelar kegiatan Forum Perangkat Daerah Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan di aula kantor bupati Kota Langgur, Kamis (16/3/2023). Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun hadir memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan tipa oleh Anggota DPRD Maluku Tenggara Komisi III, Blandina Fautngilyanan bersama Paskalina Elmas.

forum perangkat87423443

Bupati Thaher Hanubun mengatakan, Forum Perangkat Daerah adalah salah satu tahapan penting dalam penyusunan dokumen perencanaan OPD. Tahapan ini adalah implementasi pendekatan partisipatif dalam perencanaan pembangunan “Dalam forum ini diharapkan diskusi dan perbincangan yang produktif antara perangkat daerah bersama stakeholder," ungkap bupati.

Diskusi untuk mecari solusi, bukannya mencari kesalahan. Merencanakan program untuk menangani permasalahan di masyarakat, bukan tujuan proyek semata. Lanjutnya, data untuk penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem harus dipadankan dengan kebijakan pembangunan infrastruktur fisik.

Hasil pemetaan menunjukkan bahwa kantong kemiskinan ekstrem tertinggi ada di beberapa kecamatan di Pulau Kei Besar. Terkait itu menurutnya, intervensi untuk pengembangan skala Kawasan akan sangat membantu mempercepat penanggulangan kemiskian di rumah tangga. "Saya mendapatkan laporan bahwa usulan hasil musrenbang kecamatan yang masuk di PUTR cukup banyak," ujarnya. Lanjutnya, ada cukup banyak usulan yang sesuai dengan kebutuhan, serta sesuai dengan prioritas stunting dan kemiskinan. Usulan-usulan itu, agar diverifikasi lebih lanjut.

Terkait lokasi ohoi, maupun calon penerima bantuan, harus dipastikan bahwa mereka adalah masyarakat miskin ekstrem yang namanya terdata. Bupati Thaher juga meminta seluruh delegasi dan stakeholder, memberikan pemikiran, saran dan masukan. “Sumbangan pemikiran yang konstruktif, sesuai dengan kondisi, dan pengalaman Bapak-Ibu di lapangan, adalah gambaran riil dari kebutuhan masyarakat.

Jangan takut untuk berpendapat, jadikan forum ini sebagai wadah untuk menyuarakan kebutuhan warga masyarakat," ungkap bupati.

(disadur dari infopublik.id)